Rabu, 20 Oktober 2010

Membuat Koneksi database mySQL dengan PHP

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mari kita buka kuliah kita pada hari ini dengan membaca Basmallah.

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang bagaimana membuat koneksi PHP dengan data base mySQL. Karena mungkin sudah pernah diajarkan pada mata kuliah WEB1. Tetapi untuk lebih mengerti lagi terkait dengan koneksi tidak ada salahnya jika kita belajar lagi dan lebih memahaminya secara mendalam.
Secara teknis dan teori,PHP bisa terhubung dengan MySQL karena ada modul PHP yang berguna untuk itu. Modul atau file librarinya sendiri saya tidak tahu isinya, yang penting kita menggunakan librari itu, di windows, nama librarinya adalah php_mysql.dll, sedangkan di Linux atau Unix saya kurang tahu. Librari itu terdiri dari fungsi-fungsi yang berhubungan dengan koneksi databse MySQL, seperti mysql_connect(), mysql_select_db(), mysql_query(),mysql_fetch_row(), mysql_fetch_array() dll. Jika modul ini di rename atau dihapus, maka PHP tidak bisa berkomunikasi dengan MySQL.
Mari bersama kita coba dengan menuliskan script berikut!
kemudian simpan file tersebut dengan nama koneksi.php
Kode tersebut sudah bisa untuk menghubungkan PHP dengan database MySQL. Ganti namaserver dengan nama server anda, username dengan username anda pada server dan password diganti dengan password database anda, bukan password Cpanel. Saran saya lebih baik buat 1 buah file koneksi, artinya lebih baik dipisah antara file aplikasi dengan file koneksi, nanti file koneksi di include pada file aplikasi. Contohnya dibawah ini :

<?php
include("koneksi.php");
//--- disini kode aplikasi PHP anda.
?>

Dimana file koneksi.php berisi kode untuk koneksi PHP dan MySQL. Selamat mencoba, kalau ada masalah silahkan komen di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by )I(